bekerja di rumah

6 Tips Betah Bekerja di Rumah

Beberapa pekerjaan memang bisa dilakukan di rumah, seperti toko online, membuka jasa pembuatan website, atau jasa fotograsi lengkap dengan studionya. Tak heran jika Anda yang memiliki skill tersebut memilih untuk menggunakan rumah sebagai kantor. Namun, agar Anda tetap nyaman dan betah dalam menjalani pekerjaan tersebut, Anda perlu melakukan beberapa tips bekerja di rumah berikut ini.

Sediakan ruangan khusus

Meski Anda bekerja di rumah, gunakan hanya satu ruangan sebagai lokasi kerja Anda, misalnya kamar yang sudah direnovasi kemudian diubah dengan dekorasi kamar kerja. Dan, jadikan ruangan tersebut layaknya kubikel di kantor, jadi Anda hanya boleh beristirahat saat jam beribadah, makan siang dan ketika akan menggunakan toilet.

Perbesar ruangan jika diperlukan

Bila pekerjaan Anda semakin berkembang, Anda tentu membutuhkan karyawan sebagai asisten. Jika hal ini terjadi maka jangan mengandalkan ruang kerja yang sama yang tadinya hanya Anda gunakan sendiri. Siapkan ruangan untuk karyawan Anda. Bila tak ingin berjauhan dari rumah, sewalah rumah kosong atau apartemen yang tak jauh dari lokasi Anda.

Tentukan dan patuhi jam kerja Anda

Bekerja di rumah tidak bisa seenaknya. Buatlah jadwal kerja harian, dan mulailah dengan tugas yang menjadi prioritas Anda. Misalnya, keinginan Anda bekerja di rumah adalah punya waktu lebih banyak untuk mengurus keluarga, jadi lakukan pekerjaan rumah tangga terlebih dahulu, seperti menyiapkan sarapan dan membersihkan rumah hingga pukul 08.00. Setelahnya, Anda harus disiplin menjalankan jadwal kerja harian yang telah disusun. Sebaiknya tentukan durasi kerja sama dengan durasi kerja kantoran, yaitu 7-8 jam kerja setiap harinya.

Akses internet

Pastikan Anda menggunakan internet hanya untuk urusan pekerjaan. Gunakan komputer atau gadget dan koneksi internet untuk mendukung dan membantu pekerjaan Anda seperti penggunaan media sosial saat jam kerja di rumah. Penggunaan aplikasi lain yang bersifat pribadi hanya boleh dilakukan jika pekerjaan telah diselesaikan atau di luar jam kerja Anda. Hal ini diperlukan agar Anda sealu fokus dan disiplin agar pekerjaan cepat selesai.

Rapihkan ruang kerja Anda

Usai digunakan setiap hari, mintalah asisten rumah tangga merapikan ruang kerja Anda serta mencuci peralatan makan yang sudah digunakan. Ruang kerja yang bersih dan rapi akan membuat Anda lebih nyaman dan berkonsentrasi selama bekerja.

Tentukan hari libur

Tentukan satu hari dalam seminggu untuk libur dan tidak memikirkan pekerjaan. Cara ini ampuh dalam memberikan ide baru dalam bekerja. Jangan karena bekerja di rumah, Anda terlalu mendedikasikan seluruh waktu untuk pekerjaan dan bisnis Anda.

Ubah tata letak ruangan secara berkala

Agar tidak bosan, ubahlah tata letak ruangan kerja setiap 2-3 bulan sekali. Minimal gantilah susunan benda di atas meja kerja Anda atau tambahkan ornamen serta dekorasi hiasan dinding yang cantik. Suasana ruangan yang baru akan membuat Anda merasa segar sekaligus meningkatkan kreativitas.

Foto: ErikaWittlieb/Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *